Jumat, 24 Februari 2017

ADMINISTRASI NEGARA



A.  TERMINOLOGI ADMINISTRASI
·         Administrasi dalam arti sempit
·         Administrasi dalam arti luas
·         Administrasi dijumbuhkan dengan manajemen
1.      Pengertian Administrasi
Administrasi berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata “ad” yang berarti intensif, dan kata “ministrate” yang berarti melayani. Dengan demikian secara etismologis administrasi berarti melayani secara intensif.
2.      Pengertian Administrasi dalam arti sempit
a.       Administrasi adalah sebagai tata usaha yaitu pekerjaan yang berkenan dengan korespedensi, soal pencatatan/dokumentasi, kearsipan dan lainnya.
b.      Administrasi adalah kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan dan sebagainya yang bersifat tekhnis ketata usahaan.
3.      Pengertian Administrasi dalam arti luas
Pengertian administrasi dalam arti luas yaitu:
·         Administrasi adalah kegiatan manusia yang kooperatif yang terdiri dari 8 unsur: Organisasi, Manajemen, Komunikasi/Tata hubungan, Informasi/Tata Usaha, Personalia/Kepegawaian, Finansia/Keuangan, Materia/Perbekalan, dan Humas (hubungan Masyarakat).
·         Administrasi adalah keseluruhan proses pelaksanaan keputusan-keputusan yang telah diambil dan diselenggarakan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
·         Administrasi adalah serangkaian kegiatan usaha kerja sama manusia secara rasional atau efesien untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan.
4.      Pengertian Administrasi dijumbuhkan dengan manajemen.
Istilah administrasi yang digunakan silih berganti dengan manajemen, diamana administrasi disamakan dengan manajemen, dengan kata lain ada hubungan timbal balik antara manajemen dengan administrasi.


B.     NEGARA
1.            Negara adalah suatu wilayah dipermukaan bumi yang kekuasaannya baik, politik, militer, ekonomi, sosial maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada diwilayah tersebut. Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu diwilayah tersebut, dan berdiri secara independent.
2.            Pengertian Negara menurut para Ahli:
a.      Prof. Farid S
Negara adalah suatu wilayah merdeka yang mendapat pengakuan negara lain serta memiliki kedaulatan.
b.      Georg Jellinek
Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman diwilayah tertentu.
c.       Georg Wilhelm Friedrich Hegel
Negara adalah suatu organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal.
d.      Prof. R. Djokosoetono
Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada dibawah suatu pemerintahan yang sama.
e.       Prof. Mr. Soenarko
Negara adalah organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu, dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagau sebuah kedaulatan.

3.      Syarat Primer Negara:
a.       Memilili penduduk atau rakyat.
b.      Memiliki wilayah.
c.       Memiliki pemerintah yang berdaulat
d.      Mendapat pengakuan dari negara lain.

C.     PENGERTIAN ADMINISTRASI NEGARA
Administrasi negara adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan aparatur negara/aparatur pemerintah untuk mencapai tujuan negara secara efisien. Administrasi adalah sebuah istilah yang bersifat generik, yang mencakup semua bidang kehidupan. Administrasi negara adalah suatu bahasan ilmu sosial yang mempelajari tiga elemen penting kehidupan bernegara yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif serta hal-hal yang berkaitan dengan publik yang meliputi kebijakan publik, tujuan negara, dan etika yang mengatur penyelenggara negara. Terdapat hubungan interaktif antara administrasi negara dengan lingkungan sosialnya. Diantara berbagai unsur lingkungan sosial, unsur budaya merupakan unsur yang paling banyak mempengaruhi penampilan (perfomance) administrasi negara.
Pengertian Administrasi Negara menurut para ahli:
1.      Pfiffner dan Presthus.
Public administrastion is a procces concerned with carrying out public policies ( Administrasi Negara adalah suatu proses yang berhubungan dengan pelaksanaan kebijaksanaan negara).
2.      Dimocks
Menurut dimocks Public Administration is the activity of the state in the exercise of its political power atau Administrasi negara adalah kegiatan negara dalam melaksanakan kekuasaan/wewenangan politiknya.
3.      John M. Pfiffer dan Robert V.
Administrasi Negara adalah suatu proses yang bersangkutan dengan pelaksanaan kebijaksanaan-kebijaksanaan pemerintah pengarahan kecakapan dan tekhnik-tekhnik yang tidak terhingga jumlahnya, memnerikan arah dan maksud terhadap usaha sejumlah orang.
4.      Menurut Dwight Waldo.
Menyatakan bahwa Administrasi negara mengandung dua pengertian yaitu:
a.    Administrasi negara yaitu organisasi dan manajemen dari manusia dan benda guna mencapai tujuan-tujuan pemerintah.
b.   Administrasi negara adalah suru seni tentang manajemen yang dipergunakan untuk mengatur urusan-urusan negara.
5.      Menurut Prof. Dr. Prajudi Atmosudirjo.
Mengatakan bahwa, Administrasi negara adalah bantuan penyelenggaraan dari pemerintah artinya pemerintah (pejabat) tidak dapat menunaikan tugas-tugas kewajibannya tanpa administrasi negara.
6.      Administrasi negara adalah segenap proses penyelenggaraan yang dilakukan oleh aparatur pemerintah suatu negara untuk mengatur dan menjalankan kekuasaan negara, guna menyelenggarakan kepentingan umum.
Kalau defenisi-defenisi diatas dikaji secara seksama, dapat dikemukakan beberapa pokok pikiran bahwa:
1.            Administrasi negara adalah merupakan kegiatan yang bersifat penyelenggaraan.
2.            Administrasi negara disusun untuk mengatur kerja sama antar bangsa.
3.            Administrasi negara diselenggarakan untuk oleh aparatur pemerintah oleh dari suatu negara.
4.            Administrasi negara diselenggarakan untuk kepentingan umum.   
D.    UNSUR-UNSUR ADMINISTRASI NEGARA
·               ORGANISASI: Kesatuan-kesatuan sosial atau pengelompokkan manusia yang dibentuk kembali secara sadar/ sengaja untuk mencapai tujuan tertentu.
·               MANAJEMEN: Sesuatu yang dikerjakan melalui usaha orang lain.
·               KOMUNIKASI/ TATA HUBUNGAN: Penyampaian warta/ message dari satu orang kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.
·               INFORMASI/ TATA USAHA: Aktivitas yang berupa menghimpun, mencatat, menggandakan, mengolah mengirim, menyimpan dan semacamnya dari suatu data.
·               PERSONALIA/ KEPEGAWAIAN: Kegiatan yang berkenaan dengan recruitment, menematkan, mengembangkan dan memberhentikan pegawai.
·               FINANSIA/ KEUANGAN: Kegiatan yang berkenaan dengan penerimaan, pengolahan, pengeluaran uang.
·               MATERIA/ PERBEKALAN: Kegiatan untuk mengadakan, menyediakan, menyimpan dan mengeluarkan barang-barang dan lain-lain.
·               HUMAS: Kegiatan pengenalan aktivitas administrasi kepada lingkungan sekitarnya
·               ADMINISTRASI
a.    Siagian (1992:2) mengemukakan administrasi adalah keseluruhan proses kerjasama dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
b.   Wayong yang dikutip The Liang Gie (1992:15) mengemukakan bahwa administrasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengendalikan suatu usaha. Kegiatan itu bersifat merencanakan,mengorganisir,dan memimpin.
c.    Simon sebagaimana dikutip Handayaningrat (1996:2)mengemukakan administration is the activities of groups cooperating to accomplish common goals ( administrasi sebagai kegiatan daripada kelompok yang mengadakan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama).
d.   Menurut BPA (Balai Pembinaan Administrasi) administrasi merupakan segenap proses penyelenggaraan atau penataan tugas – tugas pokok sesuatu usaha kerjasama sekelompok orang dalam mencapai tujuan bersama.
e.    Ordway Tead (1951) Administrasi meliputi kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh pejabat-pejabat eksekutif dalam suatu organisasi, yang bertugas mengatur, memajukan dan melengkapi usaha kerjasama sekumpulan orang yang sengaja dihimpun untuk mencapai tujuan tertentu.
f.    Menurut pendapat saya,administrasi adalah sekelompok orang yang melakukan penataan kegiatan dalam usaha yang dijalankan untuk mencapai suatu tujuan bersama yang telah ditentukan sebelumnya.

E.   PERBEDAAN ADMINISTRASI DALAM ARTI LUAS DAN SEMPIT
Administrasi dalam arti luas meliputi pengendalian organisasi yang telah hidup jadi organisasi yang telah diarahkan kepada maksud dan tujuan yang hendak dicapai.
Administrasi dalam arti sempit meliputi semua penataan dan penertiban secara tertulis,t eratur dan berketentuan yaitu usaha – usaha yang lazim disebut tata usaha.
Jadi administrasi dalam Arti sempit sering disamakan dengan kegiatan ketatausahaan.Sedangkan dalam Arti luas mencakup seluruh aspek kehidupan dalam suatu organisasi yaitu aspek organisasi, manajemen, komunikasi, informasi, personalia, keuangan, perlengkapan dan hubungan publik.


0 komentar:

Posting Komentar